MANFAAT DAN RAHASIAN SOLAT DUHA UNTUK KEHIDUPAN


 MANFAAT DAN RAHASIAN SOLAT DUHA UNTUK KEHIDUPAN  Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata: "Pada pagi hari setiap tulang (sendi) dari kalian akan dihitung sebagai amal Kemudian setiap tasbih adalah sedekah, setiap. tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kebaikan (amar ma'ruf) dan melarang dari berbuat jahat (nahi munkar) adalah sedekah. Semua itu hanya dengan dua siklus Duha dilaksanakan pada waktunya. "
[HR. Muslim, Abu Dawud dan riwayat Bukhari dari Abu Hurairah]

Dari Abu Hurairah, ia berkata: "terkasih shallallahu 'alaihi wa sallam telah berwasiat saya tiga kasus:. [1] berpuasa tiga hari setiap bulan, [2] dua siklus shalat dhuha dan [3] melakukan shalat witir sebelum tidur"
[HR. Bukhari, Muslim, Turmuzi, Abu Dawud, Nasa'i, Ahmad dan Ad-Tommy]

Dari Abud Darda, ia berkata: "Cintaku telah berwasiat kepadaku tiga hal yang saya tidak pernah membiarkan ketiga meninggalkan selama aku hidup:. [1] untuk berpuasa selama tiga hari setiap bulan, [2] doa dhuha, dan [3] tidak sholat Witir sebelum tidur. "
[HR. Muslim, Abu Dawud, Turmuzi dan Nasa'i]

Dari Anas [bin Malik], bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa shalat Dhuha dengan 12 (dua belas) siklus, maka ALLAH akan membangunkan istana di surga".
[HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hasan hadits]

Dari Abu Said [Al-Khudry], ia berkata: Ini adalah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa Duha, jadi kami berpikir bahwa dia tidak pernah meninggalkan. Dan ketika dia pergi, kami pikir seolah-olah ia tidak pernah melakukannya ".
[HR. Turmuzi, hasan hadits]

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "The Dhuha Doa dapat membawa keberuntungan dan menolak kefakiran Dan tidak ada yang akan menjaga shalat Dhuha tetapi mereka yang bertobat.."
[HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hasan hadits]

Duha Doa Anjuran

Dari Aisyah, dia berkata:.. "Aku tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa Duha, sementara aku sendiri melakukannya Memang Nabi Muhammad pasti akan meninggalkan suatu tindakan meskipun ia suka melakukan Dia tidak hanya itu karena takut bahwa jika orang-orang yang bekerja pada perbuatan sehingga mereka menganggapnya sebagai ibadah yang wajib (fardhu). "
[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ahmad, Malik dan Ad-Tommy] ditulis di blog fadlie.web.id

Dalam syarah An-Nawawi menyatakan:
Aisha mengatakan bahwa karena dia tidak setiap saat bersama Nabi. Pada saat itu Nabi memiliki istri sebanyak 9 (sembilan). Jadi Aisha harus menunggu selama 8 hari sebelum gilirannya tiba. Dalam 8 hari terakhir, tidak tahu apa-apa selamanya Aisha Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam di rumah istrinya yang lain.

Waktu afdol untuk shalat dhuha

Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang berdoa Duha [pada waktu makan siang namun begitu], maka ia berkata: "Ingat, mereka benar-benar harus tahu bahwa shalat Dhuha kecuali pada saat-saat seperti itu lebih penting, karena sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ' alaihi wa sallam bersabda: "Doa orang kembali kepada ALLAH adalah waktu anak-anak unta bangun tidur karena panas matahari menyengat".
[HR. Muslim]

Penjelasan:
Anak unta naik karena panas matahari diqiyaskan pagi pukul 08:00, sementara sebelum jam dianggap bahwa tidak ada cahaya matahari dapat membangunkan unta anak.

Jadi penjelasan detail dapat disimpulkan bahwa waktu yang paling afdol untuk melaksanakan dhuha adalah Antara pukul 08:00 ~ 11:00

Jumlah siklus salat Duha

4 siklus >>
Dari Mu'dzah, bahwa ia meminta Aisyah: "Berapa banyak siklus Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika dhuha shalat?"
Aisha menjawab: "Empat siklus dan meningkatkan jumlah rakaatnya dia sebanyak dia suka."
[HR. Muslim dan Ibnu Majah]

12 siklus >>
Dari Anas [bin Malik], bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa shalat Dhuha dengan 12 (dua belas) siklus, maka ALLAH akan membangunkan istana di surga".
[HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hasan hadits]

8 siklus >>
Umm Hani binti Abu Thalib, ia berkata: "Saya teralis kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam di Fathu (Conquest) Makkah saya menemukan dia sedang mandi dengan gaun ditutupi oleh putrinya Fatima.".
Umm Hani mengatakan: "Jadi aku berkata selamat tinggal". Nabi juga mengatakan: "Siapa itu 'Saya menjawab:". Rasulullah SAW bersabda: "Umm Hani binti Abu Thalib Selamat datang, O Umm Hani?"'.
Setelah mandi dia berdoa sebanyak delapan (8) siklus dengan selimut gaun one-piece. Setelah doa saya (Umm Hani) berkata: "Wahai Rasulullah, putra Ali bin Abi Thalib ibu berpikir bahwa ia harus membunuh orang yang telah melindungi saya, bahwa begitu dan begitu Ibnu Hubairah".
Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "sesungguhnya kami juga melindungi mereka yang melindungi Anda, O Umm Hani'.
Umm Hani juga mengatakan: "Ini (doa Nabi) terjadi pada saat dhuha."
[HR. Muslim]

Prosedur Shalat Dhuha

Berniat untuk melaksanakan sunat salat Duha setiap 2 siklus 1 salam. Seperti biasa bahwa niat itu tidak untuk diucapkan, karena niat itu dianggap cukup jika hanya dalam hati.
Baca surat Al Fatihah
Baca surah Ash-Syamsu (QS: 91) pada siklus pertama, atau hanya dengan membaca Qulya (QS: 109) jika tidak hafal surah Ash-Syamsu itu.
Baca surah Adh-Dhuha (QS: 93) pada siklus kedua, atau hanya dengan membaca Qulhu (QS: 112) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha.
Ruku ', iktidal, sujud, duduk dua sujud, tasyahud dan salam adalah sama dengan prosedur shalat wajib.
Shalat dhuha ditutup dengan doa. Bahkan ini bukan sesuatu yang wajib, hanya saja berdoa adalah kebiasaan yang sangat baik dan dianjurkan sebagai tanda penghambaan kita kepada ALLAH.
catatan:
Lebih >> Sebagai doa sunat, dhuha dilakukan dengan 2 siklus 2 siklus, 2 siklus yang berarti bahwa pada satu waktu harus diakhiri dengan salam.

Surah >> membaca bahwa tidak ada tradisi ijtihad, tetapi hanya mengaturnya sendiri, kecuali untuk membaca dan Qulhu Qulya Nabi adalah sunnah, tetapi tidak untuk shalat dhuha, tetapi shalat Fajar. Kami tidak terbatas pada membaca surah apapun yang kita sukai, karena semua Al-Qur'an adalah suatu kebajikan.

Doa >> tidak terbatas, bagaimana sebenarnya harus berdoa selama itu bukanlah doa untuk kejahatan.

Doa >> terkenal di Shafi pada slide berikutnya. Selain doa bahwa kita harus membaca doa yang kita sukai. Tapi karena ada peraturan sekolah, maka janganlah kita lupa bahwa doa dimulai dengan nama ALLAH, terima kasih untuk memuji-Nya dan kemudian shalawat kepada Nabi Muhammad.

Setelah Do'a Shalat Dhuha
Doa shalat dhuha
Allaahumma INNADH-DHUHAA 'ADHUHAA' UKA - WAL Bahaa 'ABAHAA' UKA - WAL JAMAALA JAMAALUKA - WAL QUWWATA QUWWATUKA - WAL QUDRATA QUDRATUKA - WAL 'ISHMATA' ISHMATUKA.
Allaahumma DI Kaana RIZQII FIS-Samaa 'I ANZILHU FA - WA DI Kaana FIL FA AKHRIJHU ARDI - WA DI Kaana MU'ASSARAN FA YASSIRHU - WA DI Kaana HARAAMAN FATHAHHIRHU - WA DI Kaana BA'IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DHUHAA' IKA, WA Bahaa 'IKA, WA JAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA QUDRATIKA.
AATINII MAA 'ATAITA' IBAADAKASH-SHAALIHIIN.

Artinya:

"Ya TUHAN, saatnya bahwa Duha Duha waktu-MU - dan kecantikan adalah kecantikan-MU - dan kecantikan adalah kecantikan-MU - dan kekuatan adalah kekuatan-MU - dan kekuasaan adalah kekuasaan-MU - dan perlindungan itu adalah perlindungan-MU .

 YA ALLAH, jika rejekiku masih di langit, maka turunkanlah - Dan jika ada di bumi kemudian menghapusnya - dan jika sulit untuk membuatnya mudah - dan jika haram kemudian memurnikan - dan jika masih jauh kemudian mendekat ke waktu berkat dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-MU.

Memberikan kepada kita semua yang Anda berikan kepada hamba-Mu yang saleh